How to restore MBR Windows 7

Apakah anda pernah install dual OS di laptop/PC Anda ? contohnya seperti Windows 7 dan Linux Ubuntu di install bareng di satu laptop/PC. Karena ada dua OS yang berbeda maka solusinya adalah dengan aplikasi bawaan nya Linux ‘GRUB’.

Yang jadi masalah adalah biasanya/umumnya (saya pribadi) menggunakan Linux buat gaya-gayaan doang. Windows tetap menjadi OS paling saya kuasai (dibanding Linux). Karena itu ketika ingin mengganti menjadi Linux yang lain terkadang kita lupa ada aplikasi GRUB yang berjalan di MBR (Master Boot Record) di Hardisk. GRUB akan tidak berjalan karena Linux yang sebelumnya kita uninstall, sehingga laptop/PC Anda tidak tahu harus booting di partisi mana di hardisk.

Solusinya kita harus ‘clear’ GRUB dari MBR di hardisk. caranya :

ngambil dari forum ga  jelas :

“As a suggestion, boot the windows installation cd, when you get to the first screen I think it is choose your language, don’t choose. Hold down the shift key and press F10, that should bring up a command prompt. Try entering these commands. Bootrec /fixboot press enter wait for the response (also notice the space before the /) Next enter bootrec /fixmbr press enter. next enter bootrec /rebuildbcd. close out and restart, see if that works for you. “

kalo saya ringkas kaya gini :

  1. masukin CD instalasi Windows 7
  2. ketika di halaman ‘pilih bahasa’ jangan pilih. Tetapi tekan shift + F10, nanti muncul command prompt
  3. terus ketik command-command ini :
  • bootrec /fixboot
  • bootrec /fixmbr
  • bootrec /rebuildbcd
  • restart laptop/PC Anda
  • berdoalah….

Tinggalkan komentar