SIM A

Panjang banget deh dapetinnya lagi. Dulu emang pernah punya SIM A, setelah lulus dari sekolah stir mobil zaman SMA. Setelah sekian tahun ga bawa mobil (karena dulu kuliahnya jalan kaki dari kos-kosan) SIM A terbengkalai sampai mati dan tidak diperpanjang lagi.
Kemarin-kemarin kalo bawa mobil ga pernah pake SIM. Jadi setiap ada polisi rada deg-degan juga, takut polisinya iseng.
Tapi mulai sekarang ga usah kawatir lagi, baru tadi siang akhirnya lulus ujian praktek stir mobil, trus langsung deh difoto. Jadi deh SIM A.
Asal tau aja yang namanya bikin SIM di Bekasi ternyata masih banyak banget calo berkeliaran. Mulai dari parkiran, ampe pintu gerbang Polres tuh calo menjalankan aksinya menawarkan jasa. Untuk bikin SIM baru, A atau C, biayanya Rp 22.000 (tes kesehatan) + Rp 75.000 (biaya administrasi buat), jadi total Rp 97.000. Ini biaya resmi.
Kalo pake calo, calo menetapkan biaya jasa bikin SIM baru Rp 350.000. Tapi yang bikin nyaman pelanggan adalah kalo pale calo tinggal nunggu dipanggil buat difoto doang. Bayangin kalo ga pake calo harus ikutan ujian tulis + ujian praktek. Ujian tulis sih relatif mudah, yang susah tuh ujian praktek. Saya sendiri aja ngulang sekali ujian prakteknya untuk SIM A. Hihihihi…
Bagi yang ingin perpanjang disarankan ga usah repot pake calo, kalo pake calo perpanjang calo minta 180 ribu… Busyeeet… Kalo pake cara resmi cuma bayar Rp 22.000 + Rp 60.000 (biaya administrasi perpanjang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s