Asam Urat

blom tau banyak… tapi kata dokter, dari hasil lab saya terkena asam urat.

bersambung

lanjutan

Asam urat ?? kebayang ga sih kalo gue kena penyakit itu? Tanda-tandanya leher gue kaku, setelah itu kepala jadi pusing. Hal ini terjadi beberapa saat setalah makan ketupat sayur padang yang kuah santannya kental.

Leher kaku terus sampe malem, istriku bilang jangan-jangan kolesterol… Ya sudahlah… besok pagi aku mau periksa ke dokter dan laboratorium. Dari hasil pengecekan darah di laboratorium terlihat kalo asam urat gue termasuk tinggi. Tertulis angka 9 mg/dl, padahal angka normal maksimum 7,2 mg/dl.

Dokter bilang ini harus pake obat, terus jangan makan makanan jeroan, kacang-kacangan…sambil dokternya ngomong gue masih bengong ga percaya kalo gue kena asam urat… akhirnya dokternya ngasih resep buat ditebus di apotek.

hasil browsing dari website lain tentang makanan :

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung purin tinggi. Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin:
•    Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.

•    Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

•    Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

Tinggalkan Balasan

