Plagiat ??

Dulu waktu jaman masih sekolah & kuliah sering dinasehati sama guru maupun dosen untuk tidak menjadi seorang Plagiat.

Plagiat emang apa sih ??

menurut wikipedia :

http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme

kutipan :

Yang digolongkan sebagai plagiarisme:

  • menggunakan tulisan orang lain secara mentah, tanpa memberikan tanda jelas (misalnya dengan menggunakan tanda kutip atau blok alinea yang berbeda) bahwa teks tersebut diambil persis dari tulisan lain
  • mengambil gagasan orang lain tanpa memberikan anotasi yang cukup tentang sumbernya

Kalo baca dari wikipedia saya bisa mengartikan tindakan plagiat sama sengan maling. Jadi teringat kata-kata guru/dosen maka seorang plagiator sama seperti maling.

Contoh mudahnya aja seperti menyontek ujian sama temen, nyontek tugas sama temen, atau menyalin hasil karya orang lain tanpa pemberitahuan si empunya ide.

Sekarang bagaimana jadinya apabila Anda mengetahui seorang guru/dosen Anda juga seorang plagiator, padahal dulu sering menasehati anak didiknya untuk tidak menjadi seorang plagiat ??

Miris sekali bukan? Dimana moral sang pendidik itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s