Ganti Rekening Pensiunan Taspen (part 2)

Kemarin lalu… tepatnya tanggal 13 Januari 2010, ada tetangga sesama pensiunan kaya bokap dateng kerumah. Dia bawa contoh formulir “tanda bukti diri masih hidup” dari Taspen. Dia dapet formulir itu dari BRI tempat dia buat rekening. Mulai lagi deh bokap… nyuruh gue minta formulir kaya gitu langsung di Taspen, karena dia tau kejadia yang dulu minta formulir seperti itu di BRI tempat dia buat rekening ga ada,  makanya langsung nyuruh ambil di Taspen.

Ya sudah gue berinisiatif untuk sekalian ngurusin yang dulu 2 tahun sempat tertunda. Sekalian Ganti Rekening Pensiunan Taspen (part 1) . Seinget gue waktu urusan terakhir waktu mengajukan untuk ganti rekening di Taspen harus ada pernyataan dari Bank penerbit rekening tidak punya utang/kredit yang bersangkutan untuk rekening lama. Dengan modal pernyataan dari petugas Taspen 2 tahun yang lalu gue minta tanda tangan bokap buat surat kuasa mengurusi rekeningnya di BRI. Kamis pagi setelah shift malem, gue langsung ke BRI… disana dilayani dengan baik oleh customer BRI yang lumayan cantik. Gue menjelaskan tujuan gue kesitu untuk meminta surat pernyataan dari BRI tidak punya utang/kredit untuk rekening bokap, yang gunanya buat mengganti rekening di Taspen. Tapi ternyata customer service (CS) menjelaskan, biasanya apabila ada yang ingin mengganti rekening di Taspen dengan alasan buku rekening hilang cukup “tuker rekening” di BRI yang menerbitkan buku, dengan melampirkan surat kehilangan dari kepolisian. Setelah itu lapor ke Taspen bahwa rekening sudah dirubah.

Woooow… gue terpesona dengan penjelasan CS tersebut… terlihat mudah… kenapa dulu sepertinya sulit…??? Yang jadi pertanyaan bagi gue?? siapa yang benar?? CS ini… atau petugas Taspen 2 tahun yang lalu??

Gue masih percaya dengan pernyataan petugas Taspen 2 tahun yang lalu, sehingga sedikit mengabaikan penjelasan dari CS BRI. Dan BRI tidak bisa mengeluarkan surat pernyataan “tidak punya utang” tanpa ada surat kehilangan dari kepolisian. haaaaa… makin berlibet nih gue pikir. “ya udah lah mba CS yang cantik… saya mau coba langsung ke Taspen saja”.

Lansung gue ke Taspen pusat didaerah Cempaka putih, setelah tanya sana sini sama informasi diarahkan ke loket “mutasi” di Taspen. Di loket mutasi ibu petugas Taspen melayani dengan baik (mungkin karena masih pagi). Gue jelasin kalo gue mau ganti rekening buat pensiunan bokap, karena buku rekening lama hilang. Gue mau ganti ke rekening BRI yang dekat rumah. Tapi ternyata eh ternyata, petugas Taspen menjelaskan apabila mau ganti rekening karena buku hilang cukup “tuker rekening” di Bank penerbit dan melaporkannya kesini (Taspen). Yeeeeeee…. kok bisa pernyataan ini sama seperti Mba CS BRI yang cantik tadi?? Mana omongan petugas Taspen 2 tahun yang lalu, harus pakai surat “tidak punya utang” ?? Dalam hati…”waah… dikerjain gue, mana yang bener nih?? “. Petugas Taspen itu juga menjelaskan apabila ingin tetap ganti rekening BRI dengan cabang yang berbeda, dan BRI yang dekat rumah itu cabang Pondok Gede, maka pengurusan Taspen juga harus mutasi, dan mutasinya ke Taspen Bogor.

Mampuss… Lebih repot dong kalo ke Taspen Bogor?? “ya sudah lah bu… saya tanya bapak saya dulu”, alasan saya ketika pergi meninggalkan loket.

pikir…pikir…pikir… “tuker rekening”… sepertinya itu jalan yang terbaik. Syaratnya harus pake surat kehilangan dari kepolisian. Brangkaaaaat… ke polsek terdekat untuk menyerahkan diri (loooh…)

Setelah dapat surat kehilangan dari kepolisian, gue pun langsung balik lagi ke BRI untuk ketemu sama CS yang cantik tadi. Setelah saya ketemu, saya menjelaskan akan “tuker rekening” saja karena penjelasan dari petugas Taspen bisa seperti itu. HHmmm rekening tukeran sudah ada, sekarang bagaimana lagi?? Langsung menuju TKP…yaa..eee… (ke Taspen)

Waduuuh… sampe Taspen lagi udah agak siang sekitar jam 11 kurang, udah penuh sesak dengan kakek-kakek-nenek-nenek. Sekarang harus ngantri deh dibagian Mutasi. Setengah jam ngantri akhirnya kembali ke loket Mutasi. O iya… buku rekening baru sebelumnya sudah saya foto kopi. Jelasin mau ganti rekening…bla…bla…bla…

Petugas Taspen : “Oke… syaratnya sudah lengkap, dan pembayaran pensiunan ke rekening yang baru akan aktif untuk pembayaran pensiuan bulan Maret. Jadi kalo bulan Maret masih masuk ke rekening lama, balik lagi aja kesini buat komplen.”

Gue : “Bener bu??, udah itu aja syaratnya??”

Ptugas Taspen : “iya”

Gue : (dalam hati) ” Alhamdulillah selesai juga urusan yang tertunda selama 2 tahun ini.

Langsung pulang aah… ngantuk bener abis masuk shift malem terus paginya ribet ngurusin beginian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s